Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pinjaman Tunai FIF, Ketahui Syarat dan Cara Pengajuannya

Pinjaman Dana Tunai FIF - Federal International Finance atau FIF merupakan sebuah perusahaan non Bank yang bergerak dalam bidang pembiayaan dan pinjamana dana tunai.


FIF ini memiliki empat produk pinjaman dan pembiayaan yang ditawarkan untuk nasabahnya yaitu Pembiayaan kendaraan bermotor, pembiayaan barang elektronik, pembiayaan dana multiguna serta  pembiayaan umroh.

Pembiayaan kendaraan bermotor dapat digunakan oleh nasabah yang akan melakukan kredit kendaraan roda dua.

Pembiayaan barang elektronik tentu saja dapat digunakan untuk kredit barang elektronik seperti handphone dan yang lainnya.

Pembiayaan dana multiguna ini merupakan pemberian dana pinjaman dengan jaminan surat atau sertifikat tertentu atau bisa juga tanpa jaminan.

Sedangkan produk yang terakhir yaitu umrah memang digunakan untuk nasabah yang ingin menyimpan dana terkait dengan umrah.

Dalam empat produk tersebut diatas pinjaman dana tunai termasuk kedalam produk yang ketiga yaitu pembiayaan multiguna.

syarat dan cara pengajuan pinjaman dana tunai di FIF

Dalam pembahasan kita kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskan tentang syarat serta cara pengajuan pinjmana dana tunai kepada FIF.

Syarat dan Cara Pengajuan Pinjaman Dana Tunai FIF


Pada dasarnya pengajuan pinjaman dana tunai di FIF prosesnya sangat cepat dan juga sangat mudah.

Hanya saja memang pengajuan pinjmana dana tunai tersebut harus sudah dilengkapi dengan syarat - syarat yang juga sudah ditetapkan oleh FIF.

Jika syarat - syarat tersebut belum semua bisa terpenuhi maka proses pengajuan pinjmana dana tunai belum akan disetujui.

Untuk itu sangat penting kita mengetahui apa saja yang menjadi syarat dalam pengajuan pinjaman dana tunai ini.


Syarat Pengajuan Pinjaman Dana Tunai FIF



Secara umum pengajuan pinjaman dana tunai ke FIF ini memerlukan jaminan meskipun saya sempat mendapatkan informasi bahwa tanpa jaminanpun tetap bisa diproses.

Jaminan kredit tersebut biasanya berupa surat - surat penting seperti BPKB kendaraan bermotor, sertifikat rumah, sertifikat tanah atau yang lainnya.

Dari beberapa opsi tersebut diatas biasanya yang paling mudah dipenuhi sebagai jaminan adalah BPKB kendaraan bermotor.

Jika ingin mengajukan pinjaman dana tunai ke FIF dengan jaminan BPKB kendaraan bermotor maka syarat - syarat yang harus diberikan adalah sebagai berikut :

  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) suami dan istri
  • Fotocopy STNK kendaraan bermotor
  • Fotocopy Kartu Keluarga
  • BPKB Kendaraan bermotor yang akan dijaminkan

Salah satu yang menjadi masalah biasanya adalah adanya rasa khawatir terhadap surat yang dijaminkan yang kita titipkan kepada pihak FIF sampai dengan angsuran selesai dibayarkan.

Menurut saya kita tidak perlu khawatir dengan hal tersebut diatas karena BPKB atau surat penting lainnya yang kita titipkan akan dijaga dengan aman dan baik oleh pihak FIF.

Hal tersebut diatas sudah saya rasakan sendiri bahwa surat penting yang kita jaminkan ada dalam kondisi yang baik pada saat diambil setelah angsuran terakhir dibayarkan.

Selanjutnya yang perlu juga kita ketahui adalah bagaimana cara mengajukan pinjaman dana tunai ke FIF ?


Cara Pengajuan Pinjaman Dana Tunai di FIF



Cara pengajuan pinjaman dana tunai di FIF ini baru saja saya alami beberapa hari yang lalu tetapi apakah ini akan sama dengan FIF dicabang yang lain ?

Untuk hal tersebut saya kurang memahaminya tetapi seharusnya SOP pengajuan pinjmana dicabang yang satu harusnya sama dengan cabang yang lainnya.

Adapun cara pengajuan pinjaman dana tunai di FIF adalah sebagai berikut :

1. Menghubungi sales FIF

Langkah yang pertama adalah menghubungi pihak FIF dan tepatnya adalah bagian sales atau bagian kredit.

Langkah yang pertama ini sebenarnya bisa dilewati atau tidak dilakukan tetapi tetap saya lakukan dengan tujuan untuk memastikan syarat apa saja yang harus disiapkan.

2. Menyiapkan dokumen untuk syarat pinjaman

Langkah yang kedua adalah menyiapkan dokumen - dokumen sebagai syarat pengajuan pinjaman yang telah saya jelaskan diatas.

3. Datang ke kantor FIF

Setelah semua dokumen disiapkan maka selanjutnya kita datang langsung ke kantor FIF dengan membawa kendaraan yang BPKB-nya akan kita jaminkan.

Proses yang pertama dikantor FIF adalah pemeriksaan dokumen syarat - syarat yang sudah disipakan sebelumnya.

Langkah selanjutnya adalah pemeriksaan fisik kendaraan bermotor yang akan kita jaminkan kepada FIF.

Perlu diketahui juga bahwa setelah proses kredit selesai kendaraan ini tetap akan bisa kita gunakan kembali karena yang disimpan hanya BPKB-nya saja.

4. Tanda tangan surat perjanjian

Setelah semua dokumen sesuai dengan identitas maka langkah selanjutnya adalah kita harus menandatangani beberapa surat perjanjian yang diperlukan untuk proses pinjaman dana tunai ini.

5. Penyerahan dana

Langkah yang terakhir adalah penyerahan dana tunai yang sudah disetujui oleh pihak FIF, untuk proses ini biasanya ada dua opsi yaitu tunai atau transfer.

Proses pengajuan pinjaman dana tunai diatas dilakukan dengan waktu yang cukup cepat yaitu kurang lebih hanya 30 menit saja.

Jadi, proses pengajuan pinjaman dana tunai di FIF memang sangat mudah dan cepat tetapi yang terpenting adalah penuhi terlebih dahulu syarat - syarat yang dtetapkan oleh pihak FIF.

Itulah pembahasan kita kali ini tentang syarat serta cara pengajuan dana pinjaman di FIF dan semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca.
  

Posting Komentar untuk "Pinjaman Tunai FIF, Ketahui Syarat dan Cara Pengajuannya"